Keberadaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) memiliki peran yang sangat penting dalam struktur ekonomi suatu negara, termasuk Indonesia. Namun, UKM juga memiliki beberapa masalah dalam pengembangan bisnisnya di tengah persaingan yang ketat tidak hanya dengan produk-produk dari dalam negeri, tetapi juga dari serbuan produk dari luar negeri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masalah yang dialami oleh UKM di daerah Sidoarjo dan Pasuruan, Jawa Timur, Indonesia terutama dalam kegiatan pemasaran. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan dengan mengambil sampel dari 39 UKM terkemuka di Sidoarjo dan Pasuruan sebagai informan. Hasil penelitian ini menemukan beberapa faktor yang menyebabkan masalah-masalah yang timbul dalam UKM. Solusi yang ditawarkan adalah untuk merancang suatu sistem informasi pemasaran berbasis SMS (Short Message Service) Gate Way atau disebut pemasaran secara mobile. Pertimbangannya adalah memilih teknologi ini karena teknologi dengan menggunakan alat seluler cenderung lebih berlaku untuk UKM dan user friendly.
No comments:
Post a Comment